Ketua KPU Sumut Berharap dapat Tingkatkan Partisipasi Pemilih dari 63,1% Menjadi 80%


Foto : Rapat kordinasi dengan para awak media yang ada di Sumatera Utara dan sekaligus melaunching Media Center KPU Sumut, di Hotel JW. Marriott. 




Medan  ||  Menjelang Pilkada serentak 27 November 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara menggelar acara rapat kordinasi dengan para awak media yang ada di Sumatera Utara yang tergabung dalam Media Center KPU Sumut, yang diadakan di Hotel JW. Marriott, belum lama ini. 

Adapun tema yang diusung KPU Sumut dalam rakor bersama Wartawan Media Center KPU Sumut adalah, "Peningkatan Partisipasi dan Kapasitas Media dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2024".  

Ketua KPU Sumut, Agus Arifin dalam rakor dan diskusi itu, mengajak para awak media mendukung pelaksanaan Pilkada serentak. Tujuannya adalah agar supaya, Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu) 2024 berjalan lancar dan sukses serta disamping itu juga, partisipasi pemilih dapat meningkat. 

"Peran media massa sangat penting dalam mempublikasikan tahapan-tahapan Pilkada November 2024," ujar Ketua KPU Sumut, Agus Arifin, di rapat kordinasi dan diskusi bersama awak media Sumateta Utara. 

Rapat koordinasi dan diskusi dihadiri, Ketua KPU Sumut Agus Arifin, Komisioner KPU Sumut El Suhaimi dan Sitori Mendrofa, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik, Kabag Teknis dan Parmas KPU Sumut Maruli Pasaribu, Kabag TPP dan Jajaran Sekretariat lainnya serta para awak media cetak, tv, radio dan online, Sumateta Utara. 

Media memiliki peran strategis dalam memberikan informasi yang akurat dan mendidik ke masyarakat mengenai proses pemilihan. 

"Kami berharap melalui diskusi ini, kita dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan memastikan proses pemilihan berjalan dengan transparan dan demokratis,” pungkasnya. 

Agus Arifin meminta media dapat memberikan berita yang mengedukasi terkait tahapan-tahapan pemilihan. 

“Berikan informasi yang sejuk, benar dan lurus. Bangun opini yang seimbang terkait dinamika serta sosialisasi tahapan pemilihan Gubsu dan Wakil Gubernur Sumatera Utara,” tambahnya. 

Tidak itu saja, Agus Arifin juga menargetkan partisipasi pemilih untuk pilkada 2024 ini mencapai 80 persen. Ia mengakui, partisipasi pemilih pada Pilgubsu 2018 lalu hanya 63,1%. Namun tahun ini optimis partisipasi akan naik 17 % hingga mencapai 80%. Juga, Agus mengajak peran media dengan mencerdaskan pemilih dan menolak pemberitaan hoax serta ujaran kebencian. 

"KPU Sumut menyediakan ruang Media Center, guna mempermudah awak media dalam proses pembuatan karya jurnalistik terkait tahapan Pilgubsu hingga puncak pelaksanaannya," tukasnya. 

Sementara itu, Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, menyampaikan kerjasama antara KPU dan media sangat penting untuk memberikan sosialisasi dan edukasi masyarakat. 

“Rekan-rekan wartawan yang hadir hari ini saya yakini dapat bekerja sesuai etika jurnalistik dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” ungkap Farianda. 

Kepada Ketua KPU ia berharap dapat membantu media dan para wartawan serta memberikan manfaat atas kerja jurnalistik dalam mensukseskan Pilgubsu mendatang. 

“Beri perhatian kepada media dan para wartawan yang hadir di sini,” ujar Farianda. 

Peserta diskusi aktif berbagi pandangan dan pengalaman. Harapannya, memperkuat sinergi antara KPU Sumut dan media. 

Dengan diskusi itu, KPU Sumatera Utara berharap dapat membangun kerjasama yang lebih erat, sehingga proses Pilkada 2024 dapat berjalan dengan baik, transparan, dan mendapatkan partisipasi yang tinggi dari masyarakat. Diskusi juga menjadi langkah awal menuju penyelenggaraan pemilihan yang lebih baik dan demokratis di Sumatera Utara. 

Acara berakhir setelah penandatanganan kesepakatan bersama untuk terus menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik antara KPU dan media, guna menyukseskan Pilkada 2024 di Sumatera Utara. 


[k7 nell

 

Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar